Sabtu, 06 April 2013

macam tari topeng



Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia – Tari Topeng adalah tarian yang penarinya mengenakan topeng. Topeng telah ada di Indonesia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas digunakan dalam Tari Topeng Indonesia yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. Diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.

Cerita klasik Ramayana dan cerita Panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan topeng di Jawa. Tari Topeng Indonesia, Topeng-topeng di Jawa dibuat untuk pementasan sendratari yang menceritakan kisah-kisah klasik tersebut.
Tari Topeng Indonesia dapat merujuk kepada beberapa bentuk kesenian:
Macam-macam Tari Topeng Indonesia :
Tari Topeng Indonesia dari Dayak
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia









Di daerah Pulau Kalimantan, suku Dayak menggunakan topeng dalam Tari Hudog yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. Tari Topeng Indonesia ini dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Topeng yang digunakan berwarna hitam, putih, dan merah yang melambangkan kekuatan alam yang akan membawa air dan melindungi tanaman yang mereka tanam hingga musim.
Tari Topeng Indonesia dari Bali
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia









Keberadaan topeng dalam masyarakat Bali berkaitan erat dengan upacara keagamaan Hindu, karena kesenian luluh dalam agama dan masyarakat. Tari Topeng Indonesia Bali adalah sebuah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis, umumnya yang ditampilkan di tengah masyarakat adalah seni yang disakralkan. Tuah dari topeng yang merepresentasikan dewa-dewa dipercaya mampu menganugrahkan ketenteraman dan keselamatan.
Tari Topeng Indonesia dari Cirebon
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia









Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di tatar Parahyangan. Tari Topeng Indonesia Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Indramayu, Jatibarang, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.
Tari Topeng Indonesia dari Malang
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia









Topeng Malang adalah kesenian Tari Topeng Indonesia dari daerah Malang, Jawa Timur. Kisah yang dibawakan biasanya berasal dari kisah Panji yang menceritakan kisah percintaan Raden Panji Asmoro Bangun (Inu Kertapati) dengan Putri Sekartaji (Chandra Kirana).
Tari Topeng Indonesia dari Ponorogo
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia









Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat Tari Topeng Indonesia reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
Tari Topeng Indonesia Ireng (Dayak)
Tari Topeng Indonesia
Tari Topeng Indonesia










Topeng Ireng adalah satu bentuk tradisi seni pertujukan yang berasimilasi dengan budaya lokal Jawa Tengah. Tari Topeng Indonesia yang juga dikenal sebagai kesenian Dayakan ini adalah bentuk tarian rakyat kreasi baru yang merupakan hasil metamorfosis dari kesenian Kubro Siswo.
Demikian artikel tentang Tari Topeng Indonesia semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kita sema,
Artikel yang terkait dengan Tari Topeng Indonesia : sejarah tari topeng, tari topeng betawi, tari topeng jawa barat, tari topeng cirebon, sejarah tari topeng betawi, tari topeng bali, sejarah tari topeng cirebon, tari topeng kuncaran, download video tari topeng ireng, kesenian topeng ireng, download lagu tari topeng ireng, tari topeng ireng mp3 download, tari topeng ireng vidio, tari pendet, pameran tari topeng, tari topeng bali yunani, tari gambuh, kesenian tari topeng bali, tari topeng bali mp3, topeng bali tampil di yunani, Tari Topeng Indonesia, awali pameran topeng asia

Post title Tari Topeng Indonesia

fungsi seni topeng, makalah kuda lumping banyuwangi, asal usul tari kijang, alat musik tari payung, tari topeng kuncaran, kegunaannya seni topeng, contoh artikel koreografi jathilan, latar belakang tari payung, latar belakang tari piring, tari topeng kuncaran cirebon, sejarah tari topeng versi jawa, tari topeng kuncaran download, fungsi tari topeng cirebon, funsi seni topeng, karya seni tari berpasangan batak karo, kegunaan seni topeng, Sejarah pengetahuan tentang penjelasan tari topeng, kesimpulan tari topeng, wikipedia sinopsis tari kijang, tari merak berpasangan dan penjelasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar