Kamis, 07 November 2013

Penyakit Anemia


Pengertian Anemia – Penyakit Kurang Darah

Anemia adalah suatu kondisi medis di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal. Tingkat normal hemoglobin umumnya berbeda pada laki-laki dan perempuan. Untuk pria, anemia biasanya didefinisikan sebagai tingkat hemoglobin kurang dari 13,5 gram/100 ml dan pada wanita sebagai hemoglobin kurang dari 12,0 gram/100 ml. Definisi ini mungkin bervariasi sedikit tergantung pada sumber dan referensi laboratorium yang digunakan.

Fakta Anemia
* Fakta anemia menurut penulis medis: William C. Shiel Jr, MD, FACP, FACR
  • Anemia adalah suatu kondisi medis di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal.
  • Untuk pria, anemia biasanya didefinisikan sebagai tingkat hemoglobin kurang dari 13,5 gram/100 ml dan pada wanita sebagai hemoglobin kurang dari 12,0 gram/100 ml.
  • Anemia disebabkan oleh salah satu penurunan dalam produksi sel darah merah atau hemoglobin, atau peningkatan dalam kehilangan atau penghancuran sel darah merah.
  • Beberapa pasien dengan penyakit anemia tidak memiliki gejala, tetapi orang lain mungkin merasa lelah, mudah lelah, terlihat pucat, rasa jantung berdebar-debar, sesak napas, dan memburuknya masalah jantung.
  • Anemia dapat dideteksi dengan tes darah sederhana yang disebut jumlah sel darah lengkap/complete blood cell count (CBC).
  • Pengobatan anemia sangat bervariasi dan sangat tergantung pada penyebab tertentu.

Apa yang menyebabkan anemia?

Setiap proses yang dapat mengganggu masa kehidupan secara normal dari sel darah merah dapat menyebabkan anemia. Rentang hidup yang normal dari sel darah merah biasanya sekitar 120 hari. Sel darah merah yang dibuat di sumsum tulang.
Anemia disebabkan pada dasarnya melalui dua jalur dasar. Anemia disebabkan oleh salah satu:
  1. penurunan produksi sel darah merah atau hemoglobin,
  2. peningkatan dalam kehilangannya atau penghancuran sel darah merah.
Sebuah klasifikasi yang lebih umum dari anemia (hemoglobin rendah) didasarkan pada Mean Corposcular Volume (MCV) yang berarti rata-rata volume individu sel darah merah.
  1. Jika MCV rendah (kurang dari 80), anemia dikategorikan sebagai anemia mikrositik (volume sel yang rendah).
  2. Jika MCV adalah dalam kisaran normal (80-100), itu disebut anemia normositik (volume sel yang normal).
  3. Jika MCV tinggi, maka disebut anemia makrositik (volume sel yang besar).
Melihat masing-masing komponen dari complete blood count (CBC), terutama MCV, dokter dapat mengumpulkan petunjuk tentang apa yang bisa menjadi alasan yang paling umum untuk anemia pada setiap pasien.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar