Selasa, 21 Mei 2013

kerugian batuk berdahak


Setiap manusia pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang. Batuk itu ialah bentuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk sangat beragam dan sangat terkait erat dengan sistem pernapasan.
Batuk juga memiliki derajat keparahannya sendiri, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk berat yang kerap kali dibarengi dengan keluarnya darah.
Batuk tidak sederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:
  • Terjadinya tetesan di belakang hidung
    Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.
  • Pilek dan influenza
    Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.
  • Asma
    Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.
  • Lingkungan
    Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.
  • Obat-obatan
    Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.
  • Gastroesophagael reflux
    Keadaan batuk yang semakin buruk ketika Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagusGatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.
Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tid


Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/mengatasi-batuk-berdahak-dengan-pengobatan-tradisional.html#ixzz2TzLGVFWm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar