Selasa, 20 Agustus 2013

Puputan Margarana di Tabanan

 Puputan Margarana di Tabanan
Puputan margarana adalah sebuah peristiwa perang yang terjadi di desa Margarana Kabupaten Tabanan oleh Rakyat Indonesia untuk melawan Kolonial Belanda untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Sejarah singkat tentang Puputan Margarana ini berawal dari sebuah pertempuran yang dipimpin oleh Kepala Divisi Sunda Kecil Kolonel I Gusti Ngurah Rai.
i_gusti_ngurah_rai                    Puputan2
Dimana Pasukan TKR di wilayah ini bertempur dengan habis habisan untuk mengusir Pasukan Belanda yang kembali datang setelah kekalahan Jepang, untuk menguasai kembali wilahyahnya yang direbut Jepang pada Perang Dunia ke 2, mengakibatkan kematian seluruh Pasukan I Gusti Ngurah Rai yang kemudian dikengang sebagai Perang Puputan serta mengakibatkan Belanda sukses mendirikan Negara Indonesia Timur.
DSCF5538Asal mula dari kata Puputan Margarana adalah Puputan yang berarti Perang habis habisan dan Margarana sendiri diambil dari nama desa atau wilayah yang menjadi saksi bisu pertermpuran tersebut. Di tempat ini anda bisa melihat makam para pahlawan yang berjejer rapi serta seluruh peralatan dan senjata yang digunakan oleh pahlawan pahlawan ketika berperang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar